* Penjelasan mengenai preferences
* Menggunakan preference
Preference digunakan untuk menyimpan data di luar aplikasi. Data yang disimpan tetap ada meskipun aplikasi ditutup. Data yang telah disimpan akan menetap. Preference dapat digunakan untuk menyimpan informasi sederhana, yaitu data primitif : boolean, float, integer, long, string.
Untuk menambahkan fitur preference pada aplikasi, langkah-langkahnya adalah :
1. Membuat instan objek SharedPreferences
2. Membuat objek SharedPreferences.Editor untuk memodifikasi konten dalam preference
3. Melakukan perubahan ke preference menggunakan Editor
4. Meng-commit perubahan.
Membuat Private Preference yang digunakan satu Activity
Preference hanya bisa digunakan oleh activity di mana preference itu dibuat. Misalnya, kita membuat private preference di kelas MainActivity. Jadi, hanya kelas MainActivity yang dapat menggunakan preference tersebut. Gunakan kode di bawah untuk membuat private preference :SharedPreferences privatePreferences = getPreferences(MODE_PRIVATE);
Membuat Shared Preference yang digunakan semua Activity
Preference dapat digunakan oleh semua activity. Perbedaannya dengan private preference adalah shared preference menggunakan string sebagai nama filenya. Lebih baik menggunakan variabel untuk nama file, sehingga bisa digunakan oleh activity lainnya. Gunakan kode di bawah untuk membuat shared preference :SharedPreferences sharedPreferences = getSharedPreferences(“MySharedPreferences”, MODE_PRIVATE);
Menyimpan data menggunakan Preference
Di bawah merupakan potongan kode untuk menyimpan data menggunakan preference untuk satu Activity saja. Preference yang disimpan tidak bisa digunakan oleh Activity Lain. Jika ingin bisa digunakan oleh Activity lain, ganti dengan getSharedPreferences(..., ...).// Create or retrieve the activity preference object.
SharedPreferences preferences = getPreferences(MODE_PRIVATE);
// Retrieve an editor to modify the shared preferences.
SharedPreferences.Editor prefEditor = preferences.edit();
// Store new primitive types in the shared preferences object.
prefEditor.putLong(“SomeLong”, java.lang.Long.MIN_VALUE);
// Commit changes.
prefEditor.commit();
Membaca data yang disimpan menggunakan preference
Di bawah merupakan potongan kode untuk membaca data yang telah disimpan. Untuk membaca data dari shared (global) preference, ganti dengan getSharedPreferences(..., ...).// Create or retrieve the activity preference object.
SharedPreferences preferences = getPreferences(MODE_PRIVATE);
// Store new primitive types in the shared preferences object.
long longData = prefEditor.getLong("SomeLong");
Daftar method objek dari kelas SharedPreferences
Daftar method objek dari kelas SharedPreferences.Editor
Lokasi penyimpanan preference
Anda dapat menemukan preference disimpan di direktori :/data/data/<nama package>/shared_prefs/<namafile_preference>.xml
Anda dapat menggunakan helper class PreferenceActivity untuk membuat fitur preference yang sederhana dan konsisten. Untuk menggunakannya Anda harus mengimplementasikan PreferenceFragment dan membuat format preference menggunakan file xml. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat melalui link di bawah :
https://alvinalexander.com/android/android-tutorial-preferencescreen-preferenceactivity-preferencefragment
Referensi :
Introduction to Android Application Development, 4th Edition. “Using Android Preferences”. Halaman 281
Tidak ada komentar